Upaya Menghadapi Era Industri 4.0 HMJ Ilmu Falak Adakan Webinar Nasional

0
92

HMJ Ilmu Falak UIN Walisongo Semarang sukses gelar Webinar Falak Nasional pada 22/09/20 dalam memberikan acara Falak Expo 2020.

Disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube HMJ Ilmu Falak dan Zoom Meeting, acara ini diikuti lebih dari 200 peserta baik dalam dan luar UIN Walisongo, dari seluruh penjuru nusantara.

Acara yang dipandu dari awal oleh Fajri Kholiluzain sebagai pembawa acara berhasil mendatangkan moderator wisudawan terbaik S1 UIN Walisongo Semarang yang ke 78,
Muhammadn Akmal Habib, SH dan narasumber ternama, yaitu Prof. Dr. H. Thomas Djamaluddin, Msc. (Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), Dr. Suaidi Ahadi, ST, MT (Kepala Sub Bidang Analisis Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG), dan juga Dr. H. Ahmad Izzuddin, M.Ag. (Ketua Umum Asosiasi Dosen Falak Indonesia)

Foto dokumentasi Webinar Falak Nasional melalui aplikasi Zoom meet

Bertemakan “Integrasi Ilmu Falak dalam Pengembangan Unity Of Science di era Industri 4.0” acara ini berlangsung lebih dari 2 jam.

Dalam krisisnya Moh. Khasan, M.Ag sebagai Ketua Jurusan Ilmu Falak S1 UIN Walisongo menyampaikan tantangan di era new normal ini.

“Perkembangan zaman sudah sangat luar biasa, ada tantangan yang mau tidak mau kita harus menghadapi zaman yang sangat berbeda dan yang sangat baru, dan perkembangan itu membuat kita dipaksa untuk mengikutinya” ungkap Khasan.

Mengembangkan teknologi melalui peralatan astronomi yang terbaru, dapat menstimulan mahasiswa untuk melakukan penelitian berbasis teknologi dan informasi.

“Tantangan industri 4.0 adalah fenomena destruktif. Kita tidak bisa terlalu lama berada disituasi nyaman. Segera menyesuaikan diri, karena perkembangan teknologi informasi itusangat cepat” imbuh Khasan.

Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab yang sangat menarik antara peserta dengan narasumber dan sesi foto bersama. (Selma)

Editor: Muhammad Mun’im

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here