Ilmu Falak, samakah dengan Astronomi ?

0
6129

“Ilmu Falak, samakah dengan Astronomi?”

Pertanyaan semacam itu seringkali muncul di benak masyarakat umum. Ada juga yang beranggapan bahwa Ilmu Falak sama dengan Ilmu Hisab, Ilmu Rashd, Ilmu Miqat, Ilmu Nujum, bahkan tidak sedikit yang berfikir bahwa ilmu falak sama dengan Astronomi. Namun, apakah hal di atas benar adanya? Mari kita bahas sedikit tentang itu.

Coba kita lihat dari pengertian Astronomi terlebih dahulu. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, astronomi mempunyai arti ilmu tentang Matahari, Bulan, Bintang, dan planet lainnya; ilmu falak. Secara etimologis, Astronomi berarti susunan bintang-bintang. Sedangkan secara istilah, ilmu astronomi sering diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang pengamatan benda-benda langit, dan mempunyai ruang lingkup bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang atau galaksi. Serta fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer. Berbicara tentang astronomi berarti berbicara tentang luar angkasa.

Sekarang kita ke pembahasan yang kedua. Secara bahasa, Ilmu Falak berasal dari bahasa Arab, “falak” yang berarti orbit atau lintasan benda-benda langit. Jika ditarik dari bahasa tersebut, Ilmu Falak bisa dikatakan ilmu yang mempelajari tentang lintasan benda langit, hampir sama dengan astronomi. Menurut Muhyiddin Khozin, Ilmu Falak adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari lintasan benda langit (khususnya Bumi, Bulan dan Matahari) pada orbitnya masing-masing dengan tujuan untuk diketahui posisi benda langit antara satu dengan lainnya, agar dapat diketahui waktu-waktu di permukaan Bumi.

Jika kita simpulkan dari kedua penjelasan antara Ilmu Falak dan Astronomi, sebenarnya memang ada kemiripan, namun tidak sama. Cakupannya pun jelas berbeda.

Ilmu Falak akan berhubungan erat dengan ibadah umat muslim. Yaitu digunakan untuk mengetahui kapan waktu sholat, waktu haji, waktu puasa, waktu zakat, kapan akan terjadi gerhana, dan juga dalam menentukan kemana arah kiblat yang benar. Untuk lebih jelasnya, fokus pembelajaran yang ada dalam Ilmu Falak ada 4, yaitu untuk menentukan arah kiblat, waktu sholat, awal bulan, dan gerhana Matahari maupun Bulan. Berbeda dengan Astronomi yang mempelajari benda langit secara umum.

Selain berkaitan dengan waktu, belajar Ilmu Falak juga harus dibekali dengan ilmu syariat sebagai pedoman dan batasan dalam mempelajarinya. Karena dalam hakekatnya, ilmu ini berkaitan erat dengan ibadah umat Islam. Jika salah dalam penentuan wsyariat dan hukumnya, akan berakibat fatal juga untuk masyarakat umum.

Ada anggapan juga bahwa Ilmu Falak sama dengan Ilmu Hisab. Ya, walaupun sebenarnya berbeda, akan tetapi tetap ada hubungannya. Karena ilmu ini juga akan menggunakan perhitungan (hisab) dalam prakteknya. Pun juga bisa dikatakan Ilmu Rashd, karena setelah dihisab atau dihitung, perlu adanya pengamatan (Ar Rashd) untuk memastikan bahwa perhitungan itu benar. Dalam kasus ini digunakan dalam penentuan awal bulan dengan rukyatul hilal atau mengamati hilal. Selain itu, ilmu ini juga sering dikatakan sebagai Ilmu Miqat, karena mempelajari tentang batasan-batasan (Miqat) waktu.

Bagaimana dengan Ilmu Nujum? Dalam segi bahasa, An Nujum berarti bintang. Jadi Ilmu Nujum mempunyai arti ilmu perbintangan. Jika dikaitkan dengan Ilmu Falak akan berbeda pembahasannya. Karena Ilmu Nujum lebih dikaitkan dengan Astrologi, yang mana Astrologi sendiri mempunyai makna ilmu pengetahuan yang mempelajari benda langit supaya digunakan untuk mengetahui apa pengaruh benda langit tersebut terhadap nasib seseorang di bumi. Jadi lebih dekat dengan ilmu ramalan, yang dalam ajaran Islam, mempelajarinya boleh tapi untuk mempercayainya tentu tidak dibenarkan.

Kesimpulannya, apakah Ilmu Falak sama dengan Astonomi? Jawaban adalah serupa tapi tak sama. Karena Ilmu Falak dan Astronomi saling berkaitan satu dengan yang lain, akan tetapi mempunyai fokus kajian yang berbeda.

Oleh : Muhammad Mun’im

Daftar Pustaka :
Khazin Muhyiddin, 2005, Ilmu Falak Dalam Teori dan Praktik Perhitungan: Arah Kiblat, Waktu Shalat, Awal Bulan dan Gerhana, Yogyakarta, Buana Pustaka.
https://kbbi.web.id/astronomi.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here