Peringati 30 Tahun “Pale Blue Dot”, HMJ IF Adakan Diskusi Astronomi

0
209

HMJ IF-Jum’at, 14/02/20. Tampak ramai di sore hari gedung G2 Fakultas Syariah dan Hukum dengan diskusi Falak, yaitu acara yang diadakan oleh Hmj Ilmu falak sebagai salah satu program kerja divisi Litbang.

Memilih tema “Astronomi” litbang tegaskan alasan nya, agar tidak melulu pada kajian falak yang sudah ditarget kan divisi PSDM setiap minggunya.

“Memilih tema Astronomi agar me-refresh wawasan mahasiswa, dan kebetulan juga hari ini bertepatan dengan peringatan 30 tahun Pale Blue Dot yang diambil pada tahun 1990″.

Pale Blue Dot merupakan foto bumi yang diambil dari jarak yang paling jauh. Melalui Voyager-1 yang pertama kali mengambil foto bumi dari kejauhan sekitar 6 miliyar kilometer dari bumi. Tepat pada tanggal 14 Februari sekitar 30 tahun yang lalu Voyager-1 mengambil foto bumi tersebut.

Pak Fuad Al-Anshary sedang menerangkan materi diskusi

Bapak Ahmad Fuad Al-Anshari S.HI, M.SI selaku pemateri sekaligus dosen Fakultas Syariah dan Hukum memaparkan materi tentang ke-Astronomian, beberapa fenomena alam, seperti; awal mula terciptanya Alam Semesta, seputar roket hingga pesawat ulang alik, dan benda-benda langit lainnya.

“Mari sama-sama kita menjaga Bumi agar tidak hancur, salah satunya dengan membersihkan sampah” pesan beliau pada peserta diskusi, sekaligus menjadi penutup diskusi.

Reporter : Selma Salsabila

Editor : Aminudin Noosy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here