IF POST_ Mahasiswa S1 Ilmu Falak Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang melakukan pengukuran arah kiblat yang bertempat di Musholla SDN Kaligawe Kec Gayamsari Semarang. Acara ini dimaksudkan sebagai bentuk mencari arah kiblat yang akurat dan pas, dimana sering terjadinya kemelencengan arah kiblat Masjid maupun Musolla di masyarakat. (01/02)

Setibanya di SDN Kaligawe, dengan didampingi oleh Mahasiswa S1 Ilmu Falak Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Walisongo Semarang, Fajrullah langsung melakukan simulasi penentuan arah utara dan selatan dengan menggunakan alat Istiwaini.

“Arah utara selatan di lokasi Musholla tidak sejajar dengan arah bangunan masjid di sekitar, melainkan agak miring/serong”.Tutur Fajrul.

Manarul sebagai guru agama islam di SDN Kaligawe menyatakan bahwa Setahu dia sebelumnya di sekitar sini belum ada pengukuran langsung untuk arah kiblat, untuk itu dari SDN Kaligawe mempunyai inisiatif untuk membuat musholla baru. Sehingga terpikir untuk mengundang dari Mahasiswa UIN Walisongo untuk mengukur arah kiblat, supaya saya semakin yakin ketika anak-anak solat itu benar-benar mengarah ke Ka’bah bukan ke negara lain.

Proses perhitungan Arah Kiblat musholla SDN Kaligawe oleh Mahasiswa Ilmu Falak UIN Walisongo Semarang dengan alat Istiwaaini

Kemudian memasuki proses perhitungan dengan data koordinasi lintang tempat (f) = -6° 57’ 58” (LS), bujur tempat (l) = 110° 26’ 52” (BT). Pada waktu pengukuran Fajrul melakukan percobaan sebanyak 4 kali yaitu pada jam 10.25 WIB, 10.30 WIB, 10.35 WIB dan 10.40 WB. Dari beberapa percobaan tersebut hasilnya tetap mengarah ke Ka’bah. (HNF/TIM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here