Seminar Nasional Menjadi Puncak Acara Falak Expo 2019

0
536

Semarang – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Falak menggelar Seminar Nasional bertemakan “Mencari Kriteria Baru Imkanur Rukyat”. Acara ini menjadi acara penutup dari rangkaian acara Falak Expo 2019.

Acara ini diselenggarakan pada Selasa (12/11/2019) di Auditorium II kampus 3 UIN Walisongo tersebut dihadiri oleh lebih dari 300 peserta. Tidak hanya mahasiswa UIN Walisongo yang menghadiri acara ini. Anggota Himpunan Astronomi Amatir Semarang (HAAS), Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, sampai Dr. Kasim Bahali, Ahli Falak dari Malaysia, juga turut menghadiri seminar tersebut.

HMJ Ilmu Falak mengundang Prof. Dr. Thomas Djamaluddin M.Sc. selaku Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Drs. KH. Slamet Hambali, M.SI. sebagai Koordinator Litbang lembaga Falakiyah PBNU, H. Nur Khozin, S.Ag. yang menjabat sebagain Kasubdit Pembinaan Syari’ah dan Hisab Rukyat Kemenag RI, dan Dr. H. Ahmad Izzuddin, M.Ag. yang menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi dosen Falak Indonesia. Ada pula Ahmad Adib Rofiuddin, M.SI., Dosen Falak UIN Walisongo, yang menjadi moderator pada acara ini.

Acara seminar dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an disusul pelantunan  lagu Nasional Indonesia Raya dan diakhiri sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari Moh. Fadllur Rohman, Ketua Panitia Falak Expo 2019. Sambutan kedua dari Muhammad Abdillah, Ketua HMJ Ilmu Falak. Sambutan yang terakhir dari Dr. H. Ali Imron M.ag., Wakil Dekan 1 Fakultas Syariah dan Hukum

Moh. Fadllur Rohman mengungkapkan acara ini bertujuan untuk mempertajam diskursus mahasiswa dalam hal mendapatkan imkanur rukyat.

“Harapannya agar dapat meningkatkan diskursus kriteria imkanur rukyah yang mana kriteria ini telah dikaji ulang oleh beberapa pakar ilmu astronomi”, ungkapnya saat memberikan sambutan.

Pendiri Himpunan Astronomi Amatir Semarang, Aziz Wajanur Rizki menyatakan bahwa seminar nasional tersebut dapat memberikan pengetahuan kepada mahasiswa yang belum mengetahui tentang astronomi, khususnya tentang ilmu falak.

“Seminar ini sangat perlu sebagai tambahan wawasan khususnya mahasiswa yang sebelumnya tidak mengetahui (imkanur rukyat) kemudian terbekali ilmu dari seminar ini”, ujarnya.(Reporter : Selma, Editor : Rbth)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here