Asah Kemampuan Berpikir, HMJ Ilmu Falak Gelar Falak Cerdas

0
380

Semarang– Pada Sabtu, (9/11) telah digelar acara Falak Cerdas di gedung M Fakultas Syariah dan Hukum. Acara tersebut merupakan serangkaian dari acara Falak Expo 2019 yang diagendakan setiap tahun oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Falak.

Rangkaian acara Falak Expo 2019 meliputi: Falak Cup, Falak Cerdas, dan Video Kontes yang ditutup dengan Seminar Nasional.
Acara diapresiasi langsung oleh Moh. Khasan, M.Ag. selaku Ketua Jurusan Ilmu Falak dengan diikuti oleh mahasiswa jurusan Ilmu Falak dari semester satu hingga lima.

Setiap kelas mengirimkan delegasi perwakilan untuk mengikuti Falak Cerdas. Tahun ini ada 8 delegasi yang ikut serta memeriahkan acara ini.

Ketua panitia Falak Expo 2019, Moh. Fadllur Rohman, memaparkan bahwa tujuan diadakannya Falak Cerdas ini agar mahasiswa Ilmu Falak dapat mengasah kemampuan berfikir dan mempunyai daya saing (kompetisi) dalam keiIlmuan Falak.
“Manfaat acara ini yakni mengasah kemampuan berfikir secara cepat sehingga dapat mengetahui potensi Mahasiswa Ilmu Falak”, ujar mahasiswa Ilmu Falak semester 5 tersebut.

Teknis acara ini terdiri dari dua babak: babak pertama adalah penyisihan, peserta mengerjakan 50 soal yang disediakan panitia dengan tenggang waktu 50 menit. Babak kedua adalah babak final, dengan sistem penawaran waktu (tender time). Bagi penawar tercepat maksimal 3 detik dia berhak menjawab secara langsung akan ada penambahan poin jika jawaban benar dan pengurangan poin jika jawaban salah.

Dalam babak kedua panitia mendatangkan dua panelis, yaitu Ahmad Fuad Al Anshori, M.S.I selaku dosen Ilmu Falak dan M. Himmatur Riza, S.H. selaku mahasiswa pascasarjana Ilmu Falak. Dua panelis tersebut bertugas menilai hasil jawaban peserta.

Perlombaan kali ini menghasilkan juara pertama Falak Cerdas diraih oleh Kelas Ilmu falak B3, juara kedua diraih oleh kelas Ilmu Falak A5, dan juara ketiga diraih oleh kelas Ilmu Falak A3. (Reporter: Selma/Editor: Rbth).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here