HMJ Ilmu Falak Gelar Observasi Bulan Purnama

0
487

Semarang – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Falak (HMJ IF) menggelar observasi Bulan Purnama (Full Moon) pada hari Minggu (13/10) dimulai pukul 20.00 hingga 22.00 WIB di Sky Mansion, Gondoriyo Ngaliyan Semarang.

Acara ini diikuti oleh penggiat Astronomi terutama mahasiswa Ilmu Falak UIN Walisongo kurang lebih 60 orang

Sebelum melaksanakan observasi bulan peserta diarahkan untuk mengikuti diskusi. Diskusi ini diisi oleh Mahasiswa Ilmu Falak semester lima, Malik Alfaqih dan Faturrahman, yang menjelaskan tentang fase-fase bulan serta pergerakannya.

“Kegiatan ini sangat baik dilaksanakan karena dapat meningkatkan antusias mahasiswa (baru) dalam hal pengamatan bulan, tidak sekedar dengan mengetahui teori dan perhitungannya,” terang Faqih saat menyampaikan materi.

Ketua Panitia, Munim menjelaskan observasi diadakan agar dapat menunjang kebutuhan akademik mahasiswa Ilmu Falak dalam hal memahami benda-benda langit terutama bulan, karena diketahui dalamIlmu Falak erat kaitanya dengan pergerakan bulan.

Adanya observasi bulan ini juga mendapat respon yang positif dari beberapa peserta, salah satunya Sahrun, ia mengungkapkan senang dengan kegiatan ini karena dapat menambah wawasan mengenai bulan dan baru pertama kali mengikuti observasi bulan secara langsung menggunakan teleskop.

“Saya sangat senang karena mendapat ilmu tentang bulan serta kaitaannya dengan ilmu falak dan pengalaman pertama mengikuti observasi dengan teleskop sehingga dapat melihat bulan lebih jelas dan dekat.” ujar mahasiswa semester satu ini. (Lip: Fadlil/Ed: Harli).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here