HMJ Ilmu Falak Gelar Rukyatul Hilal Awal Sya’ban

0
65

Semarang – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Falak UIN Walisongo adakan Kegiatan Rukyatul Hilal awal bulan Sya’ban 1440 H. Kegiatan ini bertempat di dua lokasi, yaitu Pelabuhan Kendal dan Menara Al Husna Masjid Agung Jawa Tengah, Jum’at (5/4).

Rukyatul hilal kali ini diikuti oleh Mahasiswa Jurusan Ilmu Falak semester 2 dan 4. Antusias dari peserta kegiatan rukyatul hilal ini sangat besar, dibuktikan dengan hampir seluruh mahasiswa semester 2 mengikuti rukyatul hilal.

Sebelum dilakukan observasi rukyatul hilal, terlebih dahulu diadakan diskusi materi terkait rukyatul hilal guna untuk memberikan wawasan tentang kriteria dan keadaan hilal sore itu, yang disampaikan oleh Alfan Maghfuri, mahasiswa Pascasarjana Ilmu Falak UIN Walisongo.

Pengalaman mengikuti rukyatul hilal itu penting, walaupun ketinggian hilal pada saat itu berkisar 1°47’ yang mana apabila menggunakan standar MABIMS maka kemungkinan kecil hilal akan teramati. “Walaupun hilal pada ketinggian tersebut yang kemungkinan tidak dapat dilihat, akan tetapi pengalaman rukyatul hilal inilah sangat penting disamping juga bisa mengoperasikan alat-alat falak,” jelasnya.

Memasuki pukul 17.20 WIB,  observasi hilal dimulai dengan pengenalan alat-alat observasi (teodholite, teleskop dan gawang lokasi) yang didampingi oleh M. Yusuf Faizin dan M. Syauqi Nahwandi. Para pemateri memberikan penjelasan mengenai perihal rukyatul hilal dengan menggunakan alat-alat tersebut.

Menurut Naviatul Hasanah, salah satu peserta, Kegiatan rukyatul hilal ini diharapkan bisa dilaksanakan setiap bulan agar para mahasiswa terbiasa dalam melakukan observasi, “Sehingga apabila frekuensi kegiatan ini dilakukan secara rutin maka pemahaman terhadap teori dan praktek bisa saling memahamkan,” ujar mahasiswi semester 2 tersebut.(Fadlil)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here